Langsung ke konten utama

Benarkah Penyebab Kebakaran Bangunan Atau Rumah Diakibatkan Hubungan Arus Pendek Listrik

Karena saya bekerja di teknik listrik jadi saya selalu mendapat informasi setiap ada kejadian kebakaran rumah di wilayah kerja saya. Hampir setiap tahun ada saja kejadian atau musibah kebakaran rumah, dan sebagian besar masyarakat menuding bahwa penyebabnya adalah karena hubungan singkat atau arus pendek listrik, kalau kata masyarakat konsleting listrik. Tapi benarkah penyebab kebakaran bangunan atau rumah diakibatkan hubungan arus pendek listrik? Kita akan bahas disini.

Sebelum listrik didistribusikan atau dijual pada pelanggan yaitu masyarakat, tentunya orang-orang teknik PLN ahli sudah memperhitungkan matang-matang bagaimana caranya agar listrik yang berbahaya bisa dimanfaatkan oleh pelanggan tanpa membahayakan penggunanya. Oleh karena itu dimulai dari Gardu Induk sampai pada rumah pelanggan dipasang pengaman atau pemutus sebagai proteksi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya di rumah pelanggan pada instalasi listrik dipasang pengaman berupa sikring yang dipasang setelah KWH PLN, dan pada kwh ada MCB atau pembatas. Yang tujuanya kalau terjadi hubungan singkat akibat kerusakan alat elektronik atau adanya beban lebih maka pemutus langsung bereaksi sehingga aliran listrik terputus. Jadi pada rumah Anda sudah ada 2 pengaman yaitu pemutus Sikring dan MCB. Jika pemasangan instalasi benar dan tidak ada kenakalan pelanggaran yang dilakukan pelanggan, maka listrik di rumah Anda akan aman karena sudah ada proteksi dari dua pemutus tersebut.
Yang terjadi di masyarakat, kadang pelanggan ingin menggunakan listrik sepuas-puasnya tanpa batas (tapi tidak mau tambah Daya Listrik) dan ingin membayar bulanan sekecil mungkin. Sehingga berbagai cara dilakukan dengan meminta bantuan oknum petugas PLN sampai meminta bantuan orang-orang yang bukan petugas PLN tapi ngerti listrik. 


Cara Culas Yang Dilakukan Pelanggan Diantaranya:
·         Mensetting MCB di kwh (menjumper bagian dalam MCB) supaya memiliki kemampuan melebihi daya yang tercantum
·         Menjumper dibagian luar MCB dengan kabel
·         Mengganti MCB PLN dengan MCB dari toko
·         Melonggarkan baut-baut di kaki kwh
·         Mengambil arus listrik langsung dari hantaran dalam atau kabel TIC sebelum sampai ke kwh
·         Dan masih banyak cara-cara culas lainnya. Walaupun kebanyakan pelanggan tidak tahu teknik-teknik tersebut karena pada dasarnya mereka menyuruh orang lain dengan cara dibayar, tapi tentu saja yang memiliki kwh yang akan divonis bersalah oleh pihak PLN.
Jika cara-cara culas tersebut dilakukan oleh pelanggan, tentu arus listrik yang masuk ke rumah tidak sesuai dengan ukuran yang ditentukan dan tidak memiliki standar pengaman. Sehingga jika terjadi hubungan singkat arus listrik, pengaman MCB dan sikring tidak akan berfungsi yang akibatnya akan menimbulkan percikan api yang terus-menerus makin lama makin besar dan akhirnya melalap bahan-bahan yang mudah terbakar. Hal ini yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.
Mudah-mudahan dari penjelasan yang saya ulas masyarakat bisa paham bahwa terjadinya kebakaran bangunan atau rumah tinggal yang disebabkan oleh arus listrik, itu bisa terjadi karena adanya kesalah dari prilaku pelanggan sendiri. Tapi sejauh ini dari banyaknya kebakaran yang saya ketahui, itu terjadi bukan disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik. Kebakaran yang terjadi disebabkan oleh lilin atau lampu minyak yang jatuh, obat nyamuk, kompor minyak atau kompor gas, dan lainnya yang disebabkan oleh keteledoran pemilik rumah (lupa, ngantuk).
Jadi benarkah penyebab kebakaran bangunan atau rumah diakibatkan hubungan arus pendek listrik? Sekarang Anda bisa menjawab.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tando Adalah Binatang Malam Langka Yang Dapat Menyebabkan Listrik Padam

Binatang Tando adalah jenis binatang malam yang tergolong langka, walaupun di daerah hutan atau pegunungan mungkin saja populasinya masih tergolong cukup banyak tapi binatang ini sulit ditemukan apalagi ditangkap karena binatang ini beraktifitas pada malam hari.

Pemasangan Kabel Naik Dan Kabel Turun Trafo Gardu Baru

Secara sederhana Kabel Turun adalah kabel TIC yang menghubungkan arus listrik dari Trafo ke panel pembagi. Sedangkang Kabel Naik adalah kabel TIC yang menghubungkan arus listrik dari panel bagi ke SUTR (Saluran Udara Tegangan Rendah) yang akan didistribusikan pada Saluran Rumah Tangga (SR).

Wajah Kantor PLN Rayon Singaparna

Wajah baru kantor PLN Rayon Singaparna setelah beberapa kali direhab, kini nampak lebih asri, nyaman dan esklusif. Anda punya keluhan mengenai listrik, mau pasang baru, tambah daya listrik atau pengaduan gangguan listrik silahkan datang ke kantor PLN Rayon Singaparna yang beralamat di Jl. Cikeleng kalau dari alun-alun Singaparna 1 km ke arah Galunggung atau telpon ke 0265-545608 atau telpon Call Center pusat ke 022-123.