Langsung ke konten utama

3 Binatang Malam Yang Menyebabkan Listrik Sering Padam

3 binatang malam yang menyebabkan listrik sering padam - 3 malam berturut-turut (mulai tanggal 12-14 Agustus 2012) wilayah Singaparna yang meliputi sebagian wilayah Tanjungjaya, sebagian wilayah Sodong dan sebagian wilayah Pamijahan sering mati lampu (sampai 3 kali dalam satu malam). Hal ini disebabkan sering putusnya pemutus jaringan listrik (SUTM) dari Recloser Leuwiceuri di wilayah Tanjungjaya, akibatnya jalur listrik yang dipasok dari wilayah tersebut (Penyulang Tanjung) sering padam. Hal ini tentu merugikan banyak pihak baik dari pihak PLN sendiri yang mesti kerja keras menemukan penyebab gangguan, maupun pihak pelanggan yang merasakan padam.
Pada hari Rabu tanggal 15 Agustus petugas PLN dan Yantek dari Rayon Singaparna, KP Tanjungjaya dan KP Sodong melakukan investigasi ke wilayah Sodong yang diprediksi adanya indikasi gangguan. Setelah dilakukan pelacakan dan adanya informasi dari masyarakat ditemukan binatang Tando (binatang malam yang melayang) yang sudah mati di wilayah Kampung Bojong Jaya (KBJA) - Sodong (no tiang TSK-TNJG 552R129R06). Yang sebelumnya juga ditemukan binatang Muka (sejenis monyet) di gardu DADA wilayah Sodong.
Dengan masih seringnya ditemukan penyebab ganguan padam listrik akibat binatang, menjadi PR bagi pihak PLN untuk terus memperbaiki kinerja dan melakukan pengamanan jaringan yang lebih maksimal. Memang bukan kinerja yang tidak maksimal baik PLN ataupun Yantek, karena untuk pemeliharaan dan pengamanan jaringan rutin dilaksanakan. Baik itu pemangkasan pohon ataupun pembungkusan jaringan SUTM dengan bahan isolator seperti selang, paralon dan alpiko. Tapi karena penyebabnya adalah binatang tentu tidak bisa diprediksi kapan dan dimana dia akan hinggap. Tapi tentu saja ini menjadi bahan koreksi bagi PLN dan team Yantek untuk terus waspada dan terus memperbaiki kinerja yang sudah dilaksanakan.

Berikut 3 binatang malam yang menyebabkan listrik sering padam :
1.   Binatang Tando

2.   Binatang Muka


3.   Kalong (kelelawar Besar)
Dengan mengetahui penyebab ganguan yang mengakibatkan listrik di rumah Anda padam diharapkan masyarakat lebih bijak, sabar dan dapat memaklumi kondisi PLN. Dan diharapkan bantuan dari berbagai pihak untuk mencegah hal-hal yang bisa mengakibatkan listrik padam diantaranya layang-layang dan pohon. Karena kedua hal ini merupakan penyebab yang lebih mudah dicegah jika semua pihak mau bekerjasama terutama masyarakat sendiri.
Mudah-mudahan materi tentang 3 binatang malam yang dapat menyebabkan listrik di rumah Anda sering padam bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi.

Komentar

  1. gunkan tekep isolator dan pelindung jaringan distribusi agar jaringan aman dari gangguan binatang

    BalasHapus
  2. gunkan tekep isolator dan pelindung jaringan distribusi agar jaringan aman dari gangguan binatang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tando Adalah Binatang Malam Langka Yang Dapat Menyebabkan Listrik Padam

Binatang Tando adalah jenis binatang malam yang tergolong langka, walaupun di daerah hutan atau pegunungan mungkin saja populasinya masih tergolong cukup banyak tapi binatang ini sulit ditemukan apalagi ditangkap karena binatang ini beraktifitas pada malam hari.

Pemasangan Kabel Naik Dan Kabel Turun Trafo Gardu Baru

Secara sederhana Kabel Turun adalah kabel TIC yang menghubungkan arus listrik dari Trafo ke panel pembagi. Sedangkang Kabel Naik adalah kabel TIC yang menghubungkan arus listrik dari panel bagi ke SUTR (Saluran Udara Tegangan Rendah) yang akan didistribusikan pada Saluran Rumah Tangga (SR).

Wajah Kantor PLN Rayon Singaparna

Wajah baru kantor PLN Rayon Singaparna setelah beberapa kali direhab, kini nampak lebih asri, nyaman dan esklusif. Anda punya keluhan mengenai listrik, mau pasang baru, tambah daya listrik atau pengaduan gangguan listrik silahkan datang ke kantor PLN Rayon Singaparna yang beralamat di Jl. Cikeleng kalau dari alun-alun Singaparna 1 km ke arah Galunggung atau telpon ke 0265-545608 atau telpon Call Center pusat ke 022-123.